ARTIKEL BISNIS

Beragam Modal Usaha Bisnis Toserba Untuk Persiapan Awal

Membuka bisnis toserba bisa dikatakan sebagai ide bisnis yang cukup tepat. Ya, toserba atau toko serba ada sering menjadi opsi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Tentu, dikarenakan kelengkapan produk yang tersedia di toserba, usaha ini pun memiliki pangsa pasar yang cenderung luas dan laku dari waktu ke waktu.

Berbincang tentang toserba, tentu ada cukup banyak modal usaha bisnis toserba yang harus ada terlebih dahulu sebelum membuka usaha ini. Nah, berbincang tentang modal untuk usaha toserba, ada cukup banyak modal yang perlu diketahui dan menjadi persiapan awal. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa modal tersebut. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Modal Usaha Bisnis Toserba Untuk Disiapkan

Memang, ada beberapa modal awal untuk usaha toserba yang harus menjadi perhatian. Modal tersebut nantinya akan berpengaruh pada bagaimana usaha yang Anda jalankan berkembang dan berjalan.

Tentu, dengan persiapan modal yang tepat dan menyeluruh, usaha akan cenderung bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah yang mengganjal. Adapun beberapa modal usaha yang harus disediakan terkait bisnis toserba ini adalah sebagai berikut:

  • Lokasi Usaha

Memikirkan lokasi usaha untuk toserba adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Ini adalah modal awal yang sangat penting dan tentu saja sangat berpengaruh pada perjalanan bisnis Anda. Lokasi menentukan margin keuntungan.

Dalam hal ini, pastikan jika Anda memilih lokasi yang tepat untuk bisnis toserba yang akan Anda jalankan. Tentu saja, Anda harus melakukan beberapa survey dan tidak lantas memilih lokasi secara asal.

Terkait lokasi usaha, Anda bisa menyewa bangunan yang cukup untuk membuka toserba. Sebenarnya ada beberapa bangunan di lokasi tertentu yang memang dibuat untuk dijadikan toserba. Nah, Anda bisa mempertimbangkan lokasi tersebut.

Lantas, bagaimana dengan biaya sewa?

Besaran biaya sewa memang sangat beragam –dimana akan berpengaruh pada besaran modal. Mungkin, Anda memerlukan persiapan biaya sewa sekitar 20 jutaan per tahun untuk tempat. Jumlah ini tentu tergantung dari ukuran tempat dan juga lokasi tempat usaha tersebut.

  • Desain Bangunan Toserba

Setelah tempat toserba didapatkan, modal usaha bisnis toserba lainnya yang penting adalah desain dari bangunan toserba tersebut. Ya, desain dari bangunan toserba nantinya akan berpengaruh pada suasana toserba yang Anda miliki dan tentu saja akan membantu pelanggan Anda untuk mendapatkan barang yang dicari.

Terkait desain dari toserba, ada beragam hal yang harus disiapkan seperti tata letak toserba tersebut. Selain itu, ada beberapa tambahan lain yang juga harus disediakan seperti komputer, ruang kasir, AC, rak dan lainnya. Semua hal tersebut harus ditata sedemikian rupa untuk membuat toserba yang rapi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkait dekorasi toserba, Anda bisa menggunakan jasa desain interior. Nah, modal usaha bisnis toserba untuk desain interior ini berkisar mulai Rp 200.000 per meternya.

  • Rak Toserba

Untuk menata beragam produk yang dijajakan, tentu saja Anda memerlukan rak. Bisa dikatakan bahwa rak adalah modal usaha bisnis toserba yang sangat penting. Nah, terkait rak, Anda bisa menyesuaikan detail rak tersebut dengan luas bangunan toserba yang Anda tempati dan jenis dekorasi ruang yang Anda gunakan.

Terkait rak untuk toserba, Anda bisa membeli rak gondola single ataupun double. Harga rak ini sangat bervariasi mulai dari Rp 750.000 hingga jutaan tergantung ukuran rak. Nah, untuk rak toserba, mungkin Anda membutuhkan dana belasan juta rupiah.

  • Supplier

Untuk memulai bisnis toserba, maka Anda harus memiliki supplier untuk memasok stok barang yang disediakan. Ya, adanya supplier membuat Anda tidak perlu bingung untuk mencari produk yang akan dijajakan. Selain itu, dengan supplier, maka Anda akan mendapatkan harga barang yang cenderung lebih murah sehingga margin keuntungan bisa Anda dapatkan dengan lebih banyak.

Memang, stok barang akan sangat berpengaruh pada jalannya bisnis toserba yang Anda miliki. Tentu, semakin banyak stok produk yang Anda miliki –dan semakin lengkap, usaha Anda bisa berjalan dengan lebih lancar.

Dalam hal ini, ada perhitungan kasar yang bisa digunakan untuk menghitung modal usaha bisnis toserba. Jika Anda memiliki toserba dengan luas 50 meter persegi, maka stok awal barang yang diperlukan adalah sekitar 80 jutaan. Jumlah ini tentu saja relatif. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan metode konsinyasi untuk menekan modal awal.

  • Surat Izin Usaha

Perlu diketahui bahwa toserba cenderung lebih besar daripada minimarket atau toko rumahan. Oleh karena itu, Anda harus mengurus izin usaha pada pemerintahan terkait. Biaya pengurusan izin ini sekitar Rp 1.500.000.

Nah, beberapa poin di atas adalah beberapa modal usaha bisnis toserba awal yang sebaiknya Anda siapkan. Tentu, bisa saja ada beberapa modal lain yang nantinya diperlukan. Anda juga harus melakukan research tambahan untuk mengetahui rincian modal yang lebih lengkap.

 

Sumber: https://www.fastpay.co.id/blog/beragam-modal-usaha-bisnis-toserba-untuk-persiapan-awal.html