ARTIKEL BISNIS

6 Tips Menata Warung Sembako Kecil Agar Lebih Menarik Pembeli

Memiliki warung sembako yang laris merupakan keinginan setiap pemiliknya. Dengan bertambah larisnya warung sembako maka keuntungan yang diperoleh juga akan semakin banyak. Ukuran warung sembako juga bermacam-macam, dari yang kecil hingga yang berukuran besar. Untuk Anda yang memiliki warung sembako berukuran kecil, sebaiknya perhatikan tips menata warung sembako kecil agar pembeli merasa nyaman.

Di warung sembako biasanya terdapat berbagai kebutuhan rumah tangga yang beraneka ragam, sehingga setiap sudutnya terlihat penuh. Agar warung sembako tidak terlihat sempit, maka Anda harus menatanya dengan baik. Saat barang-barang yang ada di warung sembako ditata dengan rapi maka akan membuat pelanggan merasa senang saat berbelanja.

Berikut ini tips menata warung sembako kecil agar lebih menarik.

A. Tips Menata Warung Sembako

Laris tidaknya warung sembako yang Anda miliki dapat tergantung pada bagaimana Anda menata barang-barang yang ada. Semakin rapi barang-barang tersebut ditata dan diletakkan, maka pelanggan akan merasa senang dan tentu saja mudah dalam menjangkau barang yang dibutuhkan. Berikut ini tips menata warung sembako kecil yang dapat Anda terapkan:

  1. Maksimalkan Bagian Dinding Warung
    Tips yang pertama dalam menata warung sembako kecil adalah dengan memaksimalkan bagian dinding warung. Sebaiknya Anda memberikan warna yang menarik pada dinding warung, bisa dengan cat yang cerah ataupun wallpaper.
    Meskipun warung sembako Anda berukuran kecil, namun akan terlihat lebih lega jika memiliki warna dan tata ruang yang tepat. Berilah warna yang cerah pada warung sembako agar suasana ruangan menjadi lebih ceria.
    Warna dinding warung sembako bisa menggunakan pilihan warna putih, biru muda, kuning, atau kombinasi warna lainnya. Sebaiknya jangan menggunakan warna cat dinding yang gelap, sebab akan membuat ruangan yang kecil menjadi terlihat lebih sempit.
  2. Memajang dagangan dengan Baik
    Tips menata warung sembako kecil yang berikutnya adalah dengan memajang dagangan dengan baik. Banyak orang yang mengatakan jika lebih baik memajang barang dagangan secara vertikal daripada horizontal. Apabila Anda memajang barang dagangan dengan arah vertikal maka akan memaksimalkan tempat yang ada.
    Meskipun warung sembako yang Anda miliki berukuran kecil, namun dengan memajang arah vertikal akan menjadikan barang dagangan yang dipajang menjadi lebih banyak. Selain bisa memuat barang lebih banyak, memajang dengan arah vertikal juga akan membuat tampilan barang-barang lebih menarik.
    Sementara itu, untuk mendapatkan efek visual yang lebih menarik, Anda bisa menggantung rak untuk memajang dagangan. Tentu saja dengan ketinggian yang berbeda-beda. Terdapat dua keuntungan yang akan Anda peroleh, yakni menghemat tempat dan tampilan dagangan menjadi lebih menarik.
  3. Hindari Kesan Berantakan di Warung Sembako
    Semua pembeli pastinya lebih senang jika berbelanja di warung sembako yang rapi dan jauh dari kata berantakan. Jika sebuah warung sembako berantakan maka akan menjadikan barang-barang yang dijual menjadi kurang menarik.
    Untuk Anda yang memiliki warung sembako berukuran kecil bukan berarti tidak bisa mengaturnya agar terlihat rapi. Memang menata barang-barang di ruangan kecil bukanlah hal yang mudah, namun Anda harus berusaha berkreasi agar warung sembako kecil terlihat rapi.
    Banyaknya barang-barang kebutuhan sehari-hari yang ada di warung sembako memang menjadikannya terlihat berantakan.
    Anda bisa menata warung sembako dengan cara memberikan warna-warna netral pada furnitur dan barang-barang berukuran besar yang ada di dalam warung. Adapun warna netral yang bisa digunakan seperti putih gading dan abu-abu. Mengatur posisi barang dagangan sesuai dengan kategori juga akan membuat warung sembako terlihat lebih rapi.
  4. Tirulah Model Minimarket
    Alasan banyak orang yang lebih senang berbelanja di minimarket adalah kenyamanan dan kemudahan yang didapatkan. Meskipun harga jual di minimarket lebih mahal daripada di warung sembako, namun orang lebih memilih berbelanja di minimarket.
    Untuk itulah, Anda bisa meniru penataan warung sembako yang mirip seperti minimarket. Anda bisa mencontoh cara penataan barang yang ada di supermarket ataupun minimarket terdekat yang memiliki banyak pembeli.
    Dengan penataan yang tepat, maka warung sembako yang Anda miliki akan memiliki banyak pelanggan, karena merasa nyaman saat berbelanja.
  5. Sediakan Gudang Stok
    Jika Anda memiliki warung sembako yang banyak pengunjung tentunya akan semakin banyak pula barang-barang yang dibeli. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan. Adanya stok barang yang banyak tersebut dimaksudkan agar Anda tidak kehabisan barang saat ada orang yang membutuhkan. Atau sebagai antisipasi jika kedepannya tidak sempat berbelanja.
    Untuk itulah, sebaiknya Anda memiliki gudang penyimpanan yang berfungsi untuk menaruh stok barang yang belum dijual. Sebaiknya jangan menaruh semua barang di warung sembako, karena akan membuatnya semakin sesak dan terlihat berantakan.
    Jika belum memiliki modal untuk membuat ruangan stok penyimpanan, maka Anda bisa menaruhnya di ruang yang jarang terpakai terlebih dahulu.
  6. Susun Barang Dagangan dengan Rapi
    Tips menata barang dagangan di warung sembako kecil yang terakhir adalah dengan menyusun barang dagangan dengan rapi. Sebenarnya menata warung yang berukuran kecil membutuhkan kesabaran yang ekstra, sebab ruangan yang sempit harus memuat banyak barang yang beraneka macam.
    Susunlah barang-barang dagangan yang ada menurut kategorinya masing-masing. Misal untuk barang dagangan yang berhubungan dengan toiletries seperti shampo, sabun, pasta gigi, handuk, tisu, dan sebagainya bisa ditempatkan dalam satu rak namun harus dilengkapi dengan sekat pemisah.
    Barang dagangan yang disusun sesuai kategori akan memudahkan pembeli dan pemilik toko dalam mencari dan mengambil barang yang dibutuhkan. Selain itu, dengan menata barang dagangan secara rapi akan menjadikan warung sembako yang Anda miliki lebih enak dilihat, meskipun berukuran kecil.

B. Pentingnya Menata Barang dan Desain Warung Sembako

Barang-barang yang ada di warung sembako harus ditata sedemikian rupa agar terlihat rapi dan nyaman untuk berbelanja. Selain itu, desain warung sembako juga harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh akan warung terlihat luas dan rapi. Berikut ini pentingnya menata barang serta desain di warung sembako.

  1. Membuat Pelanggan Merasa Nyaman
    Alasan yang pertama adalah membuat pelanggan warung sembako Anda merasa nyaman. Pelanggan adalah orang yang sering sekali beli di warung Anda. Semakin banyak pelanggan yang dimiliki maka toko yang Anda miliki akan semakin laris. Dengan warung yang rapi, enak dilihat, dan nyaman akan membuat pelanggan merasa senang.
  2. Meningkatkan Penjualan dan Omset Sembako
    Warung sembako yang tidak rapi, bahkan acak-acakan akan membuat orang yang berbelanja menjadi tidak betah, sehingga jumlah barang yang terjual juga berkurang. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan teknik desain interior toko yang tepat agar terlihat menarik. Jika konsumen sudah merasa nyaman maka akan menjadi pelanggan setia yang mampu meningkatkan keuntungan yang Anda dapatkan.

Demikianlah ulasan tentang tips menata warung sembako kecil agar lebih menarik dan mampu menambah jumlah pelanggan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mencari cara menata warung sembako kecil yang benar. Sekian dan terimakasih.

 

Sumber: https://www.fastpay.co.id/blog/6-tips-menata-warung-sembako-kecil-agar-lebih-menarik-pembeli.html